Siklus Hidrologi

Sumber Gambar: bebasbanjir2025.wordpress.com

Arifroziqin.com - Pembahasan mengenai siklus hidrologi ini adalah kelanjutan dari pokok bahasan sebelumnya mengenai hidrologi konsep dan ruang lingkupnya. Siklus hidrologi atau juga disebut daur hidrologi merupakan penjelasan mengenai peredaran air di muka bumi. Keberadaan air di daratan tidak terlepas dari adanya hujan yang jatuh ke permukaan bumi. Air yang jatuh ke permukaan bumi menempati kondisi yang beraneka ragam seperti hutan, sawah, tegalan, pemukiman perdesaan, pemukiman perkotaan, dan sebagainya.

Perbedaan karakteristik tempat jatuhnya air di permukaan bumi menghasilkan respon yang berbeda-beda. Respon yang berbeda tersebut ditunjukkan dengan besar kecilnya jumlah air yang menjadi limpasan dan terinfiltrasi ke dalam tanah. Air yang terinfiltrasi akan menjadi air bawah permukaan dan air tanah serta sebagian air yang lainnya menjadi limpasan permukaan. Air yang menjadi limpasan permukaan akan mengisi parit, cekungan-cekungan, danau, dan sungai. Air yang mengalir di dalam sungai akan menuju ke tempat yang lebih rendah dan akan berakhir di laut. Pada akhirnya air akan kembali ke atmosfer karena penguapan, kemudian kembali menjadi hujan dan seterusnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai siklus hidrologi, kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa air yang sering kita gunakan sehari-hari merupakan hasil dari sebuah siklus yang terjadi dalam tempo waktu tertentu. Semoga bermanfaat.

Mari berhemat air dan matikan kran air setiap setelah mandi YAAA. :) :) :)

Arif Roziqin Official Website. Terima Kasih Telah Berkunjung.

Sumber Gambar: arbox92.deviantart.com

The Author

Arif Roziqin

Semangat Berkarya dan Terus Belajar dengan Motto "Luaskan Wawasan Sempitkan Dunia"

2 Comments

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Arif Roziqin Official Website © 2014- Luaskan Wawasan Sempitkan Dunia Frontier Theme