Guru yang Baik: “Mendidik Bukannya Mengajar”

Sumber Gambar: gagasanriau.com

Arifroziqin.com – Guru bagi siswa adalah sosok panutan yang sering menjadi idola bagi mereka. Setiap gaya, perkataan, dan perbuatan guru sedikit banyak berimbas pada sang murid. Peran guru pun bertambah penting lantaran gurulah yang menyampaikan materi pembelajaran. Kesalahan dalam penyampaian materi pembelajaran akan berdampak besar, karena berpotensi terjadi kesalahan secara turun temurun. Atas dasar kondisi ini, maka guru harus benar-benar siap dan menguasai materi pembelajaran.

Permasalahan akan timbul disini, karena kebanyakan guru terkonsentrasi dalam menyampaikan materi pembelajaran alias mengajar. Mengapa? hal ini dikarenakan dengan terkonsentrasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran akan melupakan aspek yang tidak kalah pentingnya yaitu perhatian, menuntun, dan membenahi akhlak. Ketiga poin tersebut terangkum dalam suatu kata mendidik. Konsep mendidik dan implementasinya inilah yang seringkali dilupakan oleh sebagian guru. Meskipun sebagian guru lainnya juga masih memahami dan melakukan apa makna dari mendidik tersebut.

Pada masa sekarang masih ada oknum guru yang hanya sebatas menyampaikan materi pembelajaran saja. Kondisi seperti ini sungguh memperihatinkan ditengah semakin menurunnya kualitas moral generasi muda Indonesia. Atas dasar kondisi ini marilah kita para guru di Indonesia mulai kembali merefleksikan makna guru yang sebenarnya yaitu mendidik dan bukannya mengajar. Demikianlah uraian dari saya mengenai peran guru yang seharusnya mendidik dan bukan sekedar untuk mengajar. Semoga dengan kesadaran dan tekad yang bulat kita para pendidik di Indonesia untuk bersama-sama membangun bangsa Indonesia ini melalui proses pendidikan.

Arif Roziqin Official Website. Terima Kasih Telah Berkunjung.

The Author

Arif Roziqin

Semangat Berkarya dan Terus Belajar dengan Motto "Luaskan Wawasan Sempitkan Dunia"

24 Comments

Add a Comment
    1. Kenyataan nya emg seperti itu…, jd pas jd murid posisinya kita nurut aja kali gan. Salam.:)

  1. Yapz, benar sekali…
    Tampaknya pemahaman tentang menjadi guru agar mendidik itu sendiri harus terus menerus disampaikan agar guru tidak lupa dengan tugas mendidik peserta didik mereka. :D

  2. semoga guru sekarang ini bisa mendidik murid-muridnya dengan baik ya gan,
    dan guru guru yang sekarang jangan cuma sertifikasi aja yang dicari, tapi juga profesional juga dalam menjalankan tugasnya sebagai guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Arif Roziqin Official Website © 2014- Luaskan Wawasan Sempitkan Dunia Frontier Theme